KENAPA HARUS SHOLAT



KENAPA HARUS SHOLAT

BY : SYEIHK OMAR EL BANNA
                Allah SWT maha besar, dia tidak perlu ibadah kalian, dia tidak perlu khusuk kalian, allah tidak menunggu amal  dari kalian, kerajaan dan kekuasaan allah tidak bertambah karena dzikir, tasbih, rukuk, dan sujud mu. Kita butuh allah.
            Masalah dengan sholat, masalah yang kita hadapi berkenaan dengan solat adalah shalat berkenaan dengan masalah rohaniah. Sholat harus datang dari perasaan yang datang dari hatimu dan pikiranmu.  Seorang muslim yang sukses seperti yang difirmankan allah ;
Qad aflahal mu’minunu alldziina hum fii shalaatihim khaasyiuun (qs. Al-mu’minun; 1-2)
“Sesungguhnya beruntunglah orang-orang yang beriman, (yaitu) orang-orang yang khsyu’ dalam sholatnya”.
Mereka sholat dengan benar , mereka menghadap allah dengan benar.  Untuk mencapai khusyu’, kita harus tahu di hadapan siapa kita berdiri, dengan siapa kita berbicara, kata-kata apa yang kalian ucapkan. Semua perasaan ini harus datang dari hati kalian, makin banyak rasa ini dalam hatimu maka akan semakin baik shalat kalian.
            Dan semakin lemah rasa dan pekiran mu maka semakin lemah shalat kalian. Kebanyakan dari kita mengkhayal ketika shalat,, itulah kenyataannya . 90 % dari kita (umat muslim ) berkhayal ketika shalat, kita bahkan tidak berpikir tentang apa yang seharusnya kita pikirkan. Seharusnya pemikiran kita tidak boleh bercabang ketika shalat. Kenapa?
            Karena keinginan tidak ada , konsentrasi tidak ada, pemahaman tidak ada. Inilah mengapa perasaan apa. Pikiran apa yang harus ada dalam hati ketika kita berdiri di hadapan allah SWT. ?. bagaimana cara kita memperkuat rasa ini ?
            Nomor 1 memahami siapa allah SWT, dengan siapa aku berbicara ? , dihadapan siapa aku menghadap ? allah SWT tidak membutuhkan kita. Allah SWT maha besar. Dia tidak perlu ibadah kalian, dia tidak perlu khusyuk kalian, allah tidak menunggu amal dari kalian.
            Kerajaan dan kekuasaan allat tidak bertambah karena dzikir, tasbih, rukuk , dan sujud. Kitalah yang butuh allah. Kita seharusnya merasa terhormat. Kita semua harusnya merasa terhormat,  pada saat kalian mengucapkan takbir, pada saat kalian mengucapkan allahu akbar, harusnya kalian merasa terhormat karena allah SWT telah memberikan kalian kesempatan untuk berbicara kepada-Nya. Untuk berdiri di hadapan-Nya. Inilah mengapa para ulama mengatakan ,”siapapun yang mau berbicara dengan allah, maka dia harus shalat.”.
            Kalian mau berbicara dengan allah? Maka mulailah shalat, ketika kalian shalat, maka tidak ada pembatas antara kalian dengan tuhan kalian. Inilah mengapa sangat penting untuk menyadari dengan siapa kita berbicara. Saudaraku, ada hadits. Allahu akbar, pemahaman yang harus kita miliki tentang siapa itu allah SWT, Muhammad saw bersabda dalah sebuah hadist sahih “ langit telah berdecit.” Kalian tahu ketika kalian melompat di atas seekor kuda atau unta, karena berat tubuhmu maka timbullah buny berdecit.  “ langit telah berdecit dan dia punya hak untuk berdecit.”.
            Nabi kita saw bersabda “ tidak ada tempat untuk keempat jari di seluruh jagat raya ini, melainkan ada seorang malaikat yang sedang bersujud di hadapan allah SWT, melainkan ada seorang malaikat yang sedang bersujud di hadapan allah SWT..”.  disetiap empat jari, bermilyar-milyar malaikat, bermilyar-milyar ciptaan allah secara terus menerus memuji allah SWT.
            Allah SWT berfirman ,” ketujuh langit beserta isinya, segala sesuatunya memuji allah, baik itu butiran tanah, pepohonan, segala sesuatunya memuji allah, bertasbih kepada allah, tapi kalian tidak mengerti , kalian tidak bisa memahami dan mendengar pujian mereka, tapi segala sesuatunya memuji allah, allah tidak membutuhkan kalian , karena kebanyakan dari kita merasa berkewajiban ntuk mengerjakan shalat.
            Mengapa kita shalat? Kebanyakan dari kita shalat untuk memenuhi kewajiban kita.
“ Alhamdulillah aku baru saja selesai shalat”. Jika kalian berdiri di hadapan allah dengan keinginan seperti ini.  Apakah kau tidak sadar bahwa allah SWT mengetahui dengan jelas apa keadaan hatimu pada saat itu ? . akankah kau mengatakan, kau tahu perasaan ini yang datang kepada kita ?. kita tidak mengatakannya secara terang-terangan, dan kita juga tidak akan mengatakan tidak ada seorangpun yang mengatakan itu. Kita mengatakan “ ayo kita shalat” tapi apa yang terjadi di dalam hati kita, rasa ini yang membuat kita merasa terbebani dengan kewajiban shalat bukanlah rasa yang benar. Kalian seharusnya merasa terhormat.
            Demi allah, ketika kita berurusan dengan orang-orang di dunia ini, mereka manusia biasa sama seperti kita. Demi allah, subhanallah, ketika kita berdiri di hadapan orang yang kita takuti, misalnya hakim di pengadilan, atau orang yang suka menganiaya kita, atau seorang presiden, seorang perdana menteri, ketika kita berhadapan dengan mereka, apa yang terjadi adalah, tanpa perlu diberi motivasi, tanpa perlu seseorang memberikan pengarahan tentang bagaimana seharusnya perasaankita, sebenarnya subhanallah, hati kalian mulai berdebar-debar. Kalian merasakan sesuatu, ketika kalian berdiri di hadapan hakim dan dia akan memutuskan perkaranya. Apakah kalian akan mendapat masa tahanan selama 15 tahun atau tidak, maka hatimu mulai berdebar-debar dan tidak perlu seseorang untuk mengajarkanmu. Kenapa ?
            Karena kita sadar tentang siapa orang ini. “ aku tahu siapa dia, aku tahu apa wewenangnya, aku tahu apa yang dapat dia lakukan pada saat ini, dia dapat menghancurkan hidupku.” Dan karena kita mengetahuinya, maka perasaan/ emosi kita mulai meningkat. Tapi masalahnya ketika kita berhubungan dengan allah, maka perasaan ini tidak timbul. Kita berdiri dihadapan allah tapi malah mengkhayal, . kita tahu bahwa allah mengetahui apa yang ada di dalam hati kita.,, tapi hal itu tidak menggerakkan apapun di dalam dirimu.” Setiap saat, mungkin di bulan ramadhan, ketika kau bermuram durja, mungkin kau punya masalah, maka kau merasakan emosi.
            Selain daripada itu, shalat kita melenceng jauh dari yang seharusnya. Kenapa ? karena kita tidak sadar sedang berdiri dihadapan siapa. Pemahaman bahwa allah SWT telah memberikan kalian kesempatan untuk berbicara dengan-Nya. Demi allah saudara/saudariku, kita melihat umat muslim di dunia ini. Ketika mereka bertemu dengan seorang pendosa, misalnya seorang actor/aktris, atau seorang penyanyi pop, maka mereka sangat bahagia karena bisa mendapatkan tanda tangannya. Mereka sangat bahagia sampai-sampai tidak bisa bicara. Mereka berkata “ aku benar-benar tidak percaya.´”. mereka sangat terharu bahwa mereka bisa mendapatkan kesempatan 5 menit untuk bertemu dengan artis itu. Kita mempunyai perasaan ini, bahkan dengan seornag syekh. Terkadang seorang syekh datang dari luar negeri, dan para jamaah laki-laki “ allahu akbar, aku bisa bersalaman dengannya, aku tidak percaya. “ . subhanallau , seringkali aku meliaht situasi seperti itu, hal ini selalu mengingatkanku kepada allah. Subhanallah, memangnya siapa orang ini? . bayangkan jika kalian bisa bertemu dengan Muhammada saw , bagaimana perasaan kalian ? bayangkanlah rasullullah saw bersabda “ aku akan memberikanmu 5 menit waktuku, datanglah temui diriku.”
            Apa yang akan kalian pikirkan ? akankah kalian mengkhayal? Akankah kalian duduk bersama rasullullah tapi pikiran kalian memikirkan istri kalian? Akan kah kalian duduk bersama rasullullah saw tapi pikiran kalian tertuju kepada pekerjaan ? jelas tidak mungkin. Kenapa ? karena nabi allah ada disini. Kau akan terbawa suasana, kau akan focus dalam situasi itu. Tapi subhanallah, kita berdiri dihadapan allah 5 kali dalam sehari tapi malah mengkhayal. Kenapa?
            Karena kita tidak sadar tentang siapa allah sebenarnya. Dan betapa sabarnya allah. Betapa pengampunannya allah SWT . bayangkanlah allah SWT mengetahui apa yang ada di hati kalian, tapi dia memberimu segalanya. Dia memberikanmu istri yang membuatmu sibuk, dia memberikan suami yang membuat mua sibuk, dia memberikan pekerjaan yang membuatmu memikirkannya.  Dia memberikan segala yangkalian pikirkan, yang menjauhkankalian dari-Nya. Dia mengetahui itu, tapi dia tetap sabar dengan kalian,  dia adalah allah SWT, dia masih menerimamu, dia masih membolehkanmu. Kalian tahu, subhanallah, bayangkan seorang perdana menteri mengizinkan seorang rakyat jelata untuk menemuinya selama 5 menit. Dia berkata “ tak apa, jika kau punya masalah maka kemarilah.  Aku mengizinkanmu untuk bertemu dengan sang perdana menteri.” Tapi ketika rakyat jelata itu datang, dia masuk ke ruang kantornya, tapi dia malah bermain-main dengan barang-barang di kantornya dan melupakan sang perdana menteri. Apa yang akan terjadi setelahnya? Kalian akan di blacklist. Kalian tidak akan mendapatkan kesempatan untuk bertemu dengan sang perdana menteri lagi.  Mengapa ? karena kalian orang bodoh. Kalian diberikesempatan, kalian dibukakan pintu, tapi kalian tidak mau mengutarakan permasalahan kalian.  Kalian tidak mau mengucapkan apa-apa. Malah kalian tersibukkan dengan hal lainnya. Lalu mengapa kalian datang? Bayangkanlah allah SWT sang raja dari segala raja. 5 kali dalam sehari menydiakanmu kesempatan untuk berbicara dengan-Nya, untuk mengutarakan masalahmu dengannya, untuk memohon kepada-Nya,  untuk meminta kepada-Nya,  tapi kau malah mengkhayal. Tapi allah SWT masih mempersilahkanmu. Allah tidak memblacklist kalian. Allah tidak berfirman “ hambar ini tidak menghormati-Ku, pergi saja.”.  tidak,tidak, tidak , allah maha sabar, allah tetap  menunggu kita.  Kalian akan mengerti, kalian akan kembali. Jadi sangat penting . langkah pertama adalah mengenali siapa allah SWT

Baca juga :

Comments

Popular posts from this blog

LAPORAN PRAKTIKUM TEKSTUR TANAH

LAPORAN PRAKTIKUM BIOKIMIA (UJI LIPID DAN KOLESTROL)

LAPORAN PRAKTIKUM BIOKIMIA (ASAM AMINO DAN PROTEIN)