Keanekaragaman Hayati Indonesia




            Indonesia adalah Negara biodiversity (keanekaragaman hayati) terbesar ke dua di dunia setelah amazon yang berada di Negara Brazil. Negara Indonesia disebut sebagai paru-paru dunia karena telah menjadi penyumbang terbesar oksigen kepada dunia, karena keaslian alamnya yang belum cukup tersentuh oleh peradaban dunia modern dan wilayahnya yang sangat besar terutama pada daerah pulau borneo dan Sumatera. Namun saat ini, Indonesia mengalami krisis karena pembakaran hutan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab yang disinyalir merupakan investor-investor luar negeri yang melakukan penanaman saham di wilayah tersebut tapi berkedok local untuk menghemat biaya pengolahan mereka. Akibatnya, terjadi kabut asap maut yang telah banyak merenggut nyawa orang yang tidak bersalah dan membuat menderita orang-orang yang tinggal di sana. Kebakaran hutan gambut ini merupakan bencana terbesar yang telah dialami Indonesia sejak beberapa decade terakhir. Bahkan dampaknya, sampai ke negeri tetangga yang menimbulkan banyak protes dari negeri tersebut. Seharusnya mereka membantu untuk menyelesaikan masalah ini, bahkan dunia harus memberikan kontribusi mengingat Ekosistem Indonesia merupakan penjaga keseimbangan di Dunia. Dunia mengambil kontribusi hutan  Indonesia setiap hari, sedangkan mereka hanya mampu mencemari lingkungan, sampai hutan mereka tidak ada lagi.
            Saat ini, Indonesia mengalami permasalahan yang sangat serius dalam kerusakan hutan terutama kebakaran hutan yang berdampak bukan hanya pada Indonesia. Namun, dunia merasakan dampaknya secara menyeluruh yang dapat memperparah kembali Global Warming, Climate Change dan sebagainya. Ini seharusnya menjadi perhatian penting dunia untuk berkontributor terhadap bencana yang terjadi di Indonesia. Bukan bermaksud untuk mengemis meminta bantuan, namun selayaknya kita sebagai manusia yang mengambil keuntungan dari hutan ini. Sudah seharusnya memberikan sumbangsih untuk sama-sama membangun dan mengkonservasi hutan Indonesia sebagai paru-paru dunia. Bukan malah memprotes dan mengkritik tanpa memberikan kontribusi dan solusi yang nyata terhadap masalah ini karena menyangkut masalah hidup orang banyak.
            keanekaragaman hayati Indonesia akan semakin punah dengan terjadinya bencana ini, karena ekosistem mereka sudah rusak dan tidak ada lagi. kita perlu mengkonservasi kembali hutan-hutan Indonesia yang mengandung banyak kekayaan dunia.
           
           

Comments

Popular posts from this blog

LAPORAN PRAKTIKUM TEKSTUR TANAH

LAPORAN PRAKTIKUM BIOKIMIA (UJI LIPID DAN KOLESTROL)

LAPORAN PRAKTIKUM BIOKIMIA (ASAM AMINO DAN PROTEIN)