MENGAPA MENANAM BLEWAH??



Blewah adalah tumbuhan penghasil buah yang banyak digunakan sebagai minuman dan buah penyegar. Blewah umumnya berbentuk bulat lonjong dengan kulit berwarna jingga terang dan bercak kehijauan. Dibalik kulit buah yang tipis, terdapat daging buah yang relatif lembut dan bertekstur. Sedangkan didalamnya terdapat rongga yang berisi biji dan serat. Buah blewah dapat dengan mudah ditemukan di pasar-pasar tradisional. Sementara blewah yang sudah diolah sebagai campuran minuman es, bisa ditemukan di berbagai tempat keramaian, seperti pasar, sekolah, warung dan sebagainya.

Blewah adalah salah satu tanaman buah yang berasal dari Asia Tenggara, tanaman ini biasanya dimanfaatkan untuk minuman penyegar tenggorokan dan dahaga. Tanaman blewah ini termasuk dalam famili Cucurbitaceae dengan ordoViolale yang hampir menyerupai buah labu – labuan.

Untuk membudidayakan blewah, ternyata sangat mudah, murah dan efisien. Saat bulan Ramadhan, banyak petani yang berlomba-lomba menanam blewah. Sebab penjualan blewah di bulan puasa cenderung lebih meningkat jika dibandingkan dengan hari-hari biasa. Buah blewah banyak disajikan sebagai minuman dan buah segar saat berbuka puasa. Blewah merupakan salah satu tanaman tanpa olah tanah dan hasilnya sangat menjanjikan.

Blewah adalah buah yang banyak digunakan sebagai campuran minuman yang memberikan kesegaran. Dikarenakan kesegarannya, blewah sering sekali muncul pada momen bulan Ramadhan di mana buah tersebut digunakan sebagai campuran minuman berbuka puasa. Pada umumnya, blewah berbentuk bulat besar, namun ada juga yang berbentuk lonjong memanjang dengan warna jingga dan bercak kehijauan. Di dalamnya, buah blewah memiliki biji dengan daging buah berwarna jingga. Blewah banyak ditemukan di pasar tradisional. Tak jarang pula petani yang membudidayakan tanaman blewah. Blewah baik untuk dikonsumsi dikarenakan serat makanan, provitamin A, dan mineral kalium yang terkandung di dalamnya.

Cara budidaya blewah tidaklah susah, namun sangatlah mudah, efisien, dan tidak memerlukan biaya banyak. Cara menanam blewah kurang lebih sama dengan penanaman semangka. Teknik budidaya dimulai dengan penyiapan lahan tanah yang telah dilubangi. Akan lebih baik jika tanah tersebut juga dibajak. Kemudian, tanah tersebut diberi pupuk kandang. Untuk menjaga kadar kelembaban tanah, dolomit bisa digunakan setelah penaburan pupuk kandang. Kadar kelembaban tanah sebaiknya dijaga untuk mendapatkan kualitas tumbuhan yang baik. Selanjutnya, tanah diberi pupuk kimia dengan dosis 200 kg per hektar. Sebaiknya hal ini juga diperhatikan karena penggunaan dosis berlebih juga tidak baik untuk tanaman tersebut.

Blewah adalah salah satu tanaman buah yang berasal dari Asia Tenggara, tanaman ini biasanya dimanfaatkan untuk minuman penyegar tenggorokan dan dahaga. Tanaman blewah ini termasuk dalam famili Cucurbitaceae dengan ordoViolale yang hampir menyerupai buah labu – labuan. Banyaknya kebutuhan blewah yang semakin terus meningkat membuat potensi dari budidaya blewah sangat menguntungkan untuk dijalani. Cara budidaya blewah sangat mudah, efisien serta tidak membutuhkan biaya yang banyak. Cara menanam blewah hampir sama dengan penanaman semangka. Teknik budidaya blewah dimulai dari mempersiapkan lahan tanam yang dilubangi. Tanah yang digunakan sebagai lahan tanam sebaiknya juga dibajak agar tanaman blewah dapat tumbuh maksimal. Lahan tanam juga bisa ditambahkan dengan pupuk kandang ataupun pupuk kompos. Untuk menjaga kelembaban tanah tambahkan dolomit agar tanaman blewah dapat tumbuh baik.

Buah blewah mulai bisa dipanen ketika telah berumur 50 hari. Dua kali panen bisa terjadi dalam sekali tanam. Jika penanaman dan perawatan dilakukan dengan maksimal, maka buah yang dihasilkan juga akan baik dan tidak cacat. Setelah dipanen, blewah bisa mulai dijual ke pasar-pasar tradisional, atau bisa juga ke luar kota untuk mendapatkan keuntungan lebih banyak. Pembudidayaan blewah bisa dilakukan di mana saja, tanpa mengenal jenis tanah maupun iklim daerah di tempat pembudidayaan. Yang paling penting adalah bagaimana cara merawat blewah yang baik agar hasil yang didapatkan juga bisa maksimal dan menguntungkan. Hal ini juga bisa dilakukan siapa saja karena proses pembudidayaannya sangatlah mudah.




Comments

Popular posts from this blog

LAPORAN PRAKTIKUM TEKSTUR TANAH

LAPORAN PRAKTIKUM BIOKIMIA (UJI LIPID DAN KOLESTROL)

LAPORAN PRAKTIKUM BIOKIMIA (ASAM AMINO DAN PROTEIN)